Home / Tangerang / MERIAHKAN FESTIVAL CISADANE, DISDUKCAPIL GELAR PELAYANAN AKTA KELAHIRAN

MERIAHKAN FESTIVAL CISADANE, DISDUKCAPIL GELAR PELAYANAN AKTA KELAHIRAN

bpos. ibu ema disdukcapilBP.TANGERANG- (Kota Tangerang)  Disdukcapil Kota Tangerang akan berlakukan metode Pelayanan Pembuatan Akta khususnya “Akta Kelahiran dan Perekaman KTP Elektronik” yang akan disosialisasikan pada Festival Cisadane yang berlangsung pada tanggal 23 sampai dengan 30 Mei 2015.

 

Tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut agar masyarakat mengerti cara pembuatan Akta secara On-line di lokasi Festival dan masyarakat tidak perlu mengantri berjam-jam di Kantor Disdukcapil Kota Tangerang.

 

Menurut Emma Rahmawati selaku Kepala Bidang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang, Disdukcapil dalam kepengurusan akta biasanya jadi dalam 10 hari kerja. Namun, apabila hal tersebut penting dan mendesak seperti mengurus BPJS, Umroh, dan Kematian bisa dibantu sebelumnya dilihat sesuai kebutuhan. “Kita ga kaku-kaku banget dalam melayani masyarakat, tetapi flexible aja dilihat dari kebutuhannya saja  mendesak atau tidak”. Katanya.

 

Sementara itu dikarenakan banyak masyarakat yang nakal dalam pembuatan akta, mereka minta akta cepat tetapi bohong kepada petugas dengan alasan mendesak atau penting, tetapi alasan mereka itu tidak disertai dengan dokumen pendukung yang membuktikan bahwa memang penting dan mendesak.

 

Kegiatan pembuatan akta sehari ini sangat memudahkan masyarakat yang sibuk bekerja atau lainnya dan juga agar masyarakat dapat berpartisipasi ikut meramaikan kegiatan Festival Cisadane.

 

Festival Cisadane ini diselenggarakan juga di kecamatan dengan melibatkan kader ibu-ibu posyandu sebanyak 1.300 orang diseluruh kecamatan Kota Tangerang.

 

 

Selain itu, Disdukcapil sudah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit untuk pembuatan akta kelahiran, artinya apabila ada bayi yang baru lahir bisa langsung dibuatkan akta kelahiran bayi tersebut dan tidak perlu repot-repot datang ke disdukcapil untuk mengambil akta lahir

 

“kita sudah kerjasama dengan beberapa rumah sakit agar memudahkan bayi lahir langsung mendapatkan Akte Kelahiran, dan langsung diberikan kepada keluarga bayi yang baru lahir sebagai bentuk Apresiasi Pemerintah Kota Tangerang kepada masyarakat,” tambahnya saat diwawancarai oleh tim reporter bentengpos.com   (arif munandar/bentengpos.com)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*