Home / Tangerang / BLANKO KTP-EL HABIS, WARGA CUMA BISA NGEREKAM, DISDUKCAPIL BINGUNG

BLANKO KTP-EL HABIS, WARGA CUMA BISA NGEREKAM, DISDUKCAPIL BINGUNG

(bentengpos.com) ktp elektronikBP.TANGERANG– (Kota Tangerang) Blanko KTP-El di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang, habis sejak beberapa waktu lalu. Gara-gara kehabisan  blanko, masyarakat hanya bisa lakukan perekaman tanpa bisa tahu kapan KTP-El diberikan.

 

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Erlan Suparlan mengaku bingung dengan habisnya blanko KTP-El. Soalnya hingga kini belum ada kepastikan kapan blanko tersebut diberikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).  Sedang tiap hari masyarakat datang untuk lakukan perekaman. “Saya serba salah, masyarakat tahunya beres dan kan gak mau tahu urusan teknis, seperti blankonya habis. Makanya setiap hari banyak keluhan terkait lambatnya penyerahan KTP-El,” katanya, saat dihubungi dari telepon genggam,kemarin.

 

Erlan mengatakan, sudah mengontak Kemendagri terkait pengadaan blanko dan sebagainya. Tapi belum ada jawaban pasti, karena saat ini pengadaan blanko masih dalam tahapan lelang. Tak hanya blanko, untuk tinta juga sudah habis. Pengadaan tinta lewat provinsi, tapi belum juga dikirim. Alasan provinsi, tinta masih juga dalam pelelangan dan belum diketahui kapan bisa rampung.”Banyak persoalan untuk KTP-El. Kita mau ngotot segera dikirim kalau barangnya belum ada kan sama saja. Makanya kita minta masyarakat untuk sabar,” katanya.

 

Mensiasati persoalan ini, Erlan mengaku membuatkan surat sementara yang bisa digunakan untuk pelbagai keperluan. Surat keterangan itu menjelaskan kalau pemohon sudah lakukan perekaman dan menunggu KTP-El dicetak. Dirinya mengaku bila blanko sudah jadi akan segera dilakukan dibuatkan identitas KTPnya. “Kalau sudah ada ngapain ditunda-tunda. Pasti bakal langsung diserahkan,” ungkapnya.

 

Sedang Sekretaris Disdukcapil Kota Tangerang Anahar memprediksi keberadaan belangko serta tinta dan film baru tersedia pada Oktober 2015 mendatang. Ini dikarenakan bulan Agustus 2015, pemerintah baru lelang “Kita hitung hitung rentang waktu kemungkinan Oktober belangko KTP eL, tinta ribbon dan film baru bisa kita terima,” ujar.
Salah seorang warga Kelurahan Nerogtog , Kecamatan Pinang yang sedang membuat KTP-eL, Rusdi Syam mengatakan, dirinya membutuhkan KTP-eL untuk melamar pekerjaan. Karena KTP-eL belum bisa dibuatkan, ia hanya menerima surat keterangan kalau dirinya sudah melakukan perekaman KTP eL.
“Saya berharap bisa secepatnya mendapatkan KTP-eL. Takut surat keterangan sementara tidak bisa dipakai melamar pekerjaan,” kata pria 23 tahun ini.     (us/bentengpos.com)

 

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*