Home / Tangerang / ZAKI BERSAMA ARIEF TINJAU PINTU AIR 10

ZAKI BERSAMA ARIEF TINJAU PINTU AIR 10

(bentengpos.com) zaki arif pantau pintu air 10BP.TANGERANG- (Kota Tangerang) Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar bersama Walikota Tangerang Arief meninjau jebolnya Pintu Air 10 yang terletak di Pasar Baru Kota Tangerang.

 

Kepala Balai Besar Ciliwung Cisadane Iskandar mengatakan bendung pasar baru D.I Cisadane pintu air 10 yang seluas 22.41 Ha yang didirikan sejak Zaman Belanda pada Tahun 1921. Dengan kondisi sekarang yang sudah cukup tua yang hampir memasuki usia 100 Tahun sudah banyak pintu air yang rusak ataupun kebocoran. “Kami telah berupaya dengan dibantu oleh PDAM untuk melakukan penyumbatan dengan menurunkan karung berisi pasir, bila masih belum bisa dikendalikan akan dipasang tiang pancang,” ucapnya.

 

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan saat musim hujan dan musim kemarau pintu air ini mempunyai kendali kebutuhan air khususnya di wilayah Tangerang. Jebolnya pintu air 10 dikarenakan usia yang sudah cukup tua dan maintenance yang kurang memadai, sehingga di berbagai wilayah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan kesulitan mendapatkan air bersih. Jebolnya pintu air 10 berdampak kepada PDAM Kabupaten Tangerang dan PDAM Kota Tangerang juga saluran-saluran irigasi. Sedangkan dimusim kemarau panjang ini kebutuhan air baku dari sungai cisadane sangat dibutuhkan oleh masyarakat Tangerang. Pada khususnya yang sudah mengalami kesulitan mendapatkan air bersih yaitu wilayah Teluknaga, Kelapa Dua dan Perumnas Tangerang. “Kami harap pintu air 10 ini mendapatkan perhatian yang cukup besar dari Kementrian PU pusat terutama agar melaksanakan program rehabilitasi dan normalisasi karena usia yang sudah cukup tua khawatir akan berdampak seluruh masyarakat Tangerang akan sulit mendapatkan Air bersih,” tegasnya.

 

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan permasalahan sungai cisadane atau pintu air 10 ini masih belum mendapatkan perhatian khususnya dari pemerintah pusat, dikarenakan yang mempunyai kendali ataupun wewenang adalah Kementrian PU Pusat. Terdapat 8 pintu air yang sudah tidak layak mengalami kerusakan ataupun kebocoran. Dampak tersebut irigasi, saluran air dan sungai-sungai di wilayah Tangerang mengalami kekeringan terutama sungai cisadane sudah surut kurang lebih 2 meter. “Saya sudah menurunkan kurang lebih 160 tenaga lepas harian dari PU Kota Tangerang untuk membantu penyumbatan jebolnya pintu air 10 dengan karung berisi pasir,” ucapnya.(hms/bentengpos.com)

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*