Home / Tangerang / ZAKI KUMPULKAN FKPD BAHAS KEKERINGAN

ZAKI KUMPULKAN FKPD BAHAS KEKERINGAN

(bentengpos.com) zaki pantau pintu airBP.TANGERANG- (Kabupaten Tangerang) Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengumpulkan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tangerang Kabupaten Tangerang untuk membahas isu-isu seperti kekeringan dan jebolnya pintu air pasar baru dilaksanakan di Pendopo Bupati Tangerang.

 

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan kondisi Kabupaten Tangerang saat ini mengalami darurat kekeringan. Seperti lahan pertanian (sawah), lahan perikanan (tambak, kolam ikan), kawasan pemukiman (kesulitan air bersih).

 

“kepada para Camat cobalah ajak MUI nya untuk melakukan sholat Istisqo (sholat memohon Hujan) jangan minta hujan ke Bupati,” ujar Zaki.

 

Teteng Jumara selaku kepala BPBD (Badan penanggulangan bencana daerah kabupaten tangerang) mengugkapkan, upaya yang telah dilakukan untuk menanggulangi dampak kekerigan yang tengah dihadapi oleh Kabupaten Tangerang dibagi dalam dua rencana yaitu rencana jangja panjang dan rencana jangka pendek. Rencana jangka pendeknya yaitu melakukan suplai air bersih di wilayah yang mengalami kekeringan, sedangkan jangka panjangnya adalah dengan pembangunan infrastruktur seperti embung, saluran air, irigasi, dan penghijauan unttuk menambah daerah resapan air.

 

“kita telah melakukan berbagai upaya dalam menangani bencana kekeringan yang tengah dihadapi kabupaten Tangerang seperti kemarin pas HUT RI ke 70 seusai upacara pengibaran bendera kita melepas 48 truk tanki air bersih untuk disuplai kepada masyarakat yang mengalami dampak kekeringan,” ucap Teteng.

 

Seusai melakukan rapat koordinasi dengan para Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Pendopo Bupati Tangerang, Bupati Zaki bersama Wakil Bupati H. Hermansyah ditemani Dirut PDAM TKR Rusdy Mahmud beserta dewan pengawas air Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid meninjau langsung pengerjaan perbaikan pintu air 10 yang jebol.

 

Saat meninjau Pintu Air 10 Bupati Zaki menegaskan, dirinya telah mengajukan kepada Kemen PU PERA untuk membangun pintu air kedua di daerah Teluk Naga atau Sepatan, yang nantinya beban Pintu Air 10 dapat berkurang dan dengan dibangunnya pintu air ke dua diharapkan pintu air 10 bisa direhabilatisi secara besar-besaran, karena kewenangan perbaikan dan sebagainya itu ada di tangan pemerintah Pusat.

 

“perbaikan pintu air 10 ini diharapkan hari Rabu besok selesai karena sesuai janjinya balai besar hari Rabu selesai, kalo tidak selesai yah terpaksa kita akan ajak masyarakat untuk berperan juga, yah bisa saja dengan melakukan pengumpulan koin,” tegas Zaki.

 

“Sebenarnya Kita sendiri mampu memperbaiki jebolnya pintu air 10 dan meremajakannya tetapi ini kewenangannya ada di pusat kita sendiri tidak mampu berbuat banyak, kalo kita paksa perbaiki sendiri ya salah juga, yang kita bisa hanya menyampaikan ke pemerintah Pusat,” lanjut Zaki.       (hms/bentengpos.com)

 

 

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*