Home / Tangerang / SETIAP 4 JAM, PETUGAS BPBD TERIMA LAPORAN

SETIAP 4 JAM, PETUGAS BPBD TERIMA LAPORAN

bpbdBP.TANGERANG- (Kota Tangerang) Untuk mengetahui perkembangan terkini di wilayah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menerima laporan setiap 4 jam dari setiap UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Korban. Laporan itu berupa empat peristiwa bencana seperti banjir, kebakaran, erosi dan kekeringan.
Sekretaris BPBD Kota Tangerang Tedy Roestendi mengatakan, kendati menerima laporan setiap empat jam tapi kenyataannya dilakukan setiap detik. Itu artinya demi cepatnya bencana dapat dicegah. “Seperti soal kebakaran, banjir dan erosi, peristiwa itu harus cepat diketahui jangan sampai mengetahui sesudah beberapa jam,” katanya.
Kata dia, antisipasi pencegahan banjir Pemkot Tangerang melalui BPBD sudah siap. Kesiapan itu dalam bentuk koordinasi-koordinasi dan kepemilikan alat untuk dimanfaatkan menolong korban banjir. BPBD saat ini sudah memiliki genset, mobil tangki, tenda dan ratusan pasukan yang siap membantu.
Namun, kata dia, kendati sudah mulai musim hujan belum terbukti ada banjir di wilayah. Itu berarti pencegahan banjir melalui pembangunan turap dan normalisasi saluran telah dilakukan pemkot. Pihaknya mengharapkan tahun ini tidak ada banjir di Kota Tangerang.
Sementara, Bagian Bina Mental pada BPBD Kota Tangerang Nana Supriyana menambahkan, di BPBD saat ini ada sebanyak 300 tenaga operasional pemadam kebakaran dan ratusan relawan. Mereka itu selalu siap dalam membantu penanganan bencana lain seperti  soal bencana banjir. “Secara prinsip memang harus siap,” katanya.
Ia mengatakan, dari tenaga operasional pemadam kebakaran itu telah mengikuti berbagai pelatihan soal pencegahan bencana. Jadi saat di lokasi mereka sudah paham.      (ji/ bentengpos.com)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*