Home / Tangerang / RSIA RP SOEROSO TANGSEL MENDAPATKAN AKREDITASI PERDANA

RSIA RP SOEROSO TANGSEL MENDAPATKAN AKREDITASI PERDANA

DIR SOEROSOBP.TANGERANG- (Kota Tangsel) RSIA RP Soeroso, Pamulang, Tangerang Selatan berhasil meraih akreditasi Perdana tanpa remedial dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) di 2015.
Akreditasi ini diraih oleh RSIA RP Soeroso dalam waktu sangat singkat selama persiapan  empat bulan.

Direktur RSIA RP Soeroso Pamulang, Dr. drg. Prita P. Paramita, MARS mengatakan penilai dari KARS, RS ini meraih waktu singkat dalam persiapan dan maju untuk ujian akreditasi, untuk kelas program khusus yang dibuat oleh KARS. Kami berharap dalam waktu satu tahun kedepan pada saat revisitasi , kami dapat meningkatkan  menyelesaikan program regular dengan tingkat akreditasi paripurna  yang memiliki  unsur yang setara sesuai dengan JCI standard (Join Commissinig International).

Prita mengungkapkan penghargaan akreditasi ini sangat perlu mengingat semakin tingginya kesadaran masyarakat dalam memilih rumah sakit yang berkualitas dan terjamin. Sehingga pemerintah melalui Dinas Kesehatan Tangsel mendorong rumah sakit melakukan sertifikasi atau akreditasi agar standar dan kualitas pelayanan pada masyarakat semakin meningkat.

“Dorongan ini yang kami jadikan acuan untuk meraih akreditasi ini, ternyata kami mampu meraih dengan waktu yang sangat singkat,” ungkapnya.

 

Dijelaskan Prita , KARS adalah Komite Akreditasi Rumah Sakit Nasional yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mewajibkan dilaksanakannya akreditasi rumah sakit dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit di Indonesia. Hal ini disesuaikan Dengan dasar hukum pelaksanaan akreditasi di rumah sakit  adalah UU No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan, UU No. 44 tahun 2009 tentang rumah sakit dan Permenkes 1144/ Menkes/ Per/ VIII/ 2010 tentang organisasi dan tata kerja kementerian kesehatan.

 

“Akreditasi akan sangat berguna dalam menghadapi persaingan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), karena kompetisi akan semakin ketat, sehingga menuntut rumah sakit untuk terus meningkatkan standar pelayanannya”, jelasnya.

 

Ditambahkannya, dalam menyongsong MEA, salah satu persiapan dunia kesehatan di Tangsel adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan akreditasi yang merupakan satu-satunya pembuktian secara legal bahwa standar dan kualitas pelayanan yang diterapkan sudah teruji dan diakui.

 

“Akreditasi ini menunjukkan standar pelayanan serta mutu RSIA RP Soeroso sudah teruji, sehingga konsumen bisa tenang dan merasa aman terlayani karena rumah sakit berusaha melindungi  keselamatan pasien selama perawatan , pelayanan yang sesuai standard dan menghormati hak- hak pasien untuk mendapatkan perlakuan yang sama  serta pelayanan yang baik dari petugas-petugas kesehatan yang kompeten dibidangnya,” tandasnya.       (win/bentengpos.com)

 

 

 

 

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*