Home / Tangerang / MUSREMBANG RKPD KAB. TANGERANG TAHUN 2017

MUSREMBANG RKPD KAB. TANGERANG TAHUN 2017

musrenbang kabBP.TANGERANG- (Kabupaten Tangerang) Pemerintah Kabupaten Tangerang gelar Musrembang RKPD Kabupaten Tangerang Tahun 2017 yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Pusmekab. Tangerang.

 

Dalam Rancangan RKPD kab Tangerang 2017, Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang  Ir.Herry Heryanto melaporkan bahwa terdapat lima tantangan dan prospek pembangunan daerah Yakni :

  1. Pertumbuhan Ekonomi 2017 6,2%

2.Kemiskinan Pada  2017 ditargetkan turun sekitar 5,1%

3.Pengangguran pada  2017 ditargetkan sekitar 7,11%

4.Laju inflasi pada  2017 diperkirakan sebesar 7,08%

5.Adanya kebijakan pendanaan & penguatan kapasitas Desa.

 

Selain itu, Herry menyampaikan beberapa program yang sudah terrealisasi namun masih terdapat target yang harus di selesaikan. Antara lain :

1.peningkatan akses pendidikan  dengan sisa target 1.560 unit.

2.peningkatan sarana kesehatan dengan sisa target dapat di operasikan pada tahun 2017.

3.Peningkatan Akses Sanitasi dengan sisa target 445 unit.

4.Penanggulangan kemacetan lalu lintas dalam peningkatan jalan baru kondisi baik terdapat sisa target 25km.

5.Pembangunan Sport center dengan sisa target lanjutan venue dan stadion mini dengan sisa target 9 unit.

6.Revitalisasi dan Pembangunan pasar Kabupaten dengan sisa target 3 unit.

7.Gebrak Sipintar pada fasilitas kredit mikro melalui BLUD memiliki sisa target 9.581 UMKM dan Pelatihan kewirausahaan memiliki sisa target 60 UMKM.

8.Penanganan Pengangguran dalam pembangunan gedung BLKI dengan sisa target 2 paket dan penyediaan sarana prasaranan pendukung BLKI dengan sisa target 1 paket.

9.Pengembangan pusat Seni Budaya dan parawisata pada terbangunnya pusat seni budaya dengan sisa target multiyears, pengembangan komoditi icon daerah ayam wareng dengan sisa target 200 ekor. Pengembangan komoditi icon daerah rambutan Parakan dengan sisa target 20.000 pohon.

 

Lanjut Herry, Adapun Prioritas Pembangunan di Tahun 2017 sebagai berikut :

1.Peningkatan pemerataan akses pelayanan pendidikan berkualitas

2.Peningkatan pemerataan akses pelayanan kesehatan berkualitas

3.Reformasi Birokrasi dan tata kelola Pemerintahan

4.Pengembangan pusat pertumbuhab dan intergrasi sistem transportasi

5.Peningkatan pengendalian tata ruang dan konservasi lingkungan hidup

6.Peningkatan perekonomian daerah berbasis potensi unggulan daerah

7.Peningkatan iklim investasi dan daya saing daerah.

 

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menyampaikan dalam sambutannya sesuai dengan dasar hukum Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional telah mengamanatkan bahwa Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Tangerang Tahun 2017, yang akan berfungsi sebagai dokumen perencanaan Tahunan perlu diselenggarakan melalui forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi seluruh pemangku kepentingan dan yang berkompeten serta peduli terhadap pembangunan daerah dengan tujuan utama mensejahterakan masyarakat Kabupaten Tangerang.

 

Pemerintah Kabupaten Tangerang telah menunjukkan berbagai keberhasilan, antara lain:

  1. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Tahun 2015 telah mencapai 1,8 Trilyun Rupiah dengan rata-rata kenaikan sebesar 23% dan APBD sebesar  4,2 Trilyun dengan rata-rata kenaikan sebesar 15%.
  2. Peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Tangerang dari sebesar 69,28 pada Tahun 2013 meningkat menjadi 70,02 pada Tahun 2015.
  3. Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta jalan lingkungan, hingga telah menurunkan tingkat kerusakan jalan tinggal 11%.
  4. Pembangunan infrastruktur pelayanan dasar yang ditujukan untuk peningkatan pelayanan publik baik pada bidang pendidikan dan kesehatan, dengan pembangunan sarana Unit Sekolah Baru (USB), tambahan ruang kelas (TRK), peningkatan puskesmas dengan tempat perawatan dan poned, peningkatan sarana prasarana runah sakit umum daerah, dan pembangunan rumah sakit pantura-pakuhaji.
  5. Proses pengembangan sistem informasi dan komunikasi berbasis e-goverment.

 

Pada Tahun 2017 merupakan Tahun Ke-5 atau Tahun terakhir dalam masa RPJMD 2013-2018 sehingga Kabupaten Tangerang melakukan pmilihan tema untuk Tahun 2017 adalah “Penuntasan infrastruktur pelayanan dasar, peningkatan daya saing daerah dan pemantapan tata kelola pemerintahan.”

 

“Maka dengan tema tersebut saya berpesan kepada seluruh SKPD agar lebih fokus dalam penuntasan pencapaian program unggulan daerah yang telah ditetapkan, program prioritas setiap SKPD, serta utamanya kepada para pihak yang terlibat dalam forum musyawarah ini dalam menghadapi percepatan/akselerasi dalam perubahan perencanaan dan pelaksanaan program secara komprehensif, sehingga dapat menghasilkan penajaman prioritas perencanaan pembangunan yang lebih baik menuju Tangerang Gemilang yang dapat berdaya guna dan berhasil guna untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tangerang,” ucap Zaki.

 

Sementara itu Abdullah Hehamahua selaku Mantan Penasehat KPK (komisi pemberantasan korupsi) yang menjadi narasumber dalam acara musrembang RKPD menyampaikan potensi yang dimiliki Kabupaten Tangerang berasal dari industri yang memberikan 55,12% kotribusi terhadap PDRB ini merupakan daya tarik utama Kabupaten Tangerang yang memang dijuluki kota Seribu Industri, ada sekitar 19 jenis industri ada di Kabupaten Tangerang.

 

“Saya harap dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Tangerang yang begitu luar biasa dengan industrinya  bisa lebih memanfaatkan dan mengelolanya untuk lebih bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, karena setiap daerah pasti memiliki potensi daerahnya masing-masing yang bisa menopang daerah itu sendiri, saya sudah berkeliling Indonesia, daerah di Indonesia ini tidak ada yang tidak memiliki potensi semua memiliki potensi namun maukah kita mengelolanya dengan baik dan bijak sehinggga mampu menghasilkan,” terang Mantan Penasehat KPK.

 

Lanjut Hehamahua, Saya mengingatkan kepada seluruh PNS di Kabupaten Tangerang ini mari bekerja dengan baik dan jujur, jangan sampai melakukan korupsi, apabila anda tau bukan hak anda maka jangan pernah anda ambil, apabila memang itu hak anda maka kejarlah hak anda. Korupsi itu karena ada kesempatan dan niat.        (hms/ bentengpos.com)

 

 

 

 

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*