Home / Tangerang / PEMKAB TANGERANG GELAR HUT DAMKAR, POL PP DAN LINMAS

PEMKAB TANGERANG GELAR HUT DAMKAR, POL PP DAN LINMAS

damkar linmasBP.TANGERANG- (Kabupaten Tangerang) Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelegar Upacara Hari Kesadaran Nasional yang Dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun Satuan Pemadam Kebakaran ke-97, Satuan Polisi Pamong Praja Ke-66, dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke- 54 Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2016, yang diselenggarakan di Lapangan Maulana Yudhanegara Puspemkab Tangerang.

 

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Agus Suryana mengungkapkan, sosok petugas pemadam kebakaran bekerja dengan siap siaga hadir dalam penyelamatan jiwa, melakukan tugas dengan penuh tanggungjawab tanpa pamrih, tanpa mengharap pujian dan sanjungan, serta memberi pelayanan pemadaman kebakaran dan penyelamatan. Memadamkan api besar dan penyelamatan tidaklah semua orang bisa melakukannya hanya petugas pemadam  kebakaranlah  yang  mempunyai  profesi   dalam pemadaman  kebakaran dan penyelamatan.

 

“Untuk itu dituntut seorang petugas pemadam kebakaran melakukan pendidikan dan pelatihan untuk memiliki profesionalitas dan dedikasi yang tinggi karena seorang petugas Damkar harus selalu sigap dan siap, kita selalu lakukan koordinasi dan pengiriman personil untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan di damkar pusat,” tutur agus.

 

Semantara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tangerang Yusuf Herawan mengatakan, Kedepan Satuan Polisi Pamong Praja akan mengedepankan sisi-sisi preemtif & preventif melalui mekanisme persuasif, pencegahan, penyuluhan dan mengedepankan model penyelesaian di hulu dari pada di hilir, sehingga wajah Polisi Pamong Praja tidak lagi nampak garang dan yang lebih penting adalah benturan-benturan dapat dihindari serta kesadaran masyarakat terhadap peraturan semakin meningkat. Langkah yang harus senantiasa ditempuh untuk itu adalah memberikan desiminasi dan menjadi role model akan kepatuhan terhadap suatu peraturan.

 

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menyampaikan dalam sambutannya dalam rangka peringatan Hut pemadam kebakaran Ke-97, Satuan Polisi Pamong Praja Ke-54 mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang untuk melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan kebakaran dan lakukan segera pemadaman dini agar api tidak tumbuh menjalar membesar. Petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam tidak mengenal hari libur dan siap memadamkan kebakaran dengan motto ” Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya.”

 

Seluruh petugas pemadam kebakaran serta satpol pp senantiasa siap siaga dalam rangka mengamankan wilayah Kabupaten Tangerang. Satpol PP merupakan jabatan yg memiliki tanggung jawab tinggi sehingga harus punya kebanggaan apalagi  para petugas pemadam kebakaran ini juga harus memiliki skill dan kemampuan yang spesial. “Karena mereka adalah alat-alat pemerintah Kabupaten Tangerang, dan diharapkan tahun ini adanya  bantuan dari pemprov DKI salah satunya untuk mobil-mobil pemadam kebakaran karena banyak sekali daerah-daerah berbatasan DKI yang rawan terhadap kebakaran,” ucapnya.

 

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menambahkan Sejauh ini personil kebakaran tiap tahunnya selalu menganggarkan untuk peningkatan kapasitas dan juga kemampuan. Mudah-mudahan setiap tahunnya sarana dan prasarana dapat ditingkatkan.       (hms/ bentengpos.com)

 

 

 

 

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*