Home / Nasional / GA SIWABESSY BATAN SIAP DIMANFAATKAN UNTUK PENELITIAN BIDANG LOGAM

GA SIWABESSY BATAN SIAP DIMANFAATKAN UNTUK PENELITIAN BIDANG LOGAM

batanBP.NASIONAL- (Jakarta) Sebagai salah satu lembaga pemerintahan non Kementerian yang melaksanakan tugas pemerintah di bidang penelitian, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memiliki Rekator Serbaguna GA Siwabessy (RSG-GAS), yang bisa dimanfaatkan dalam penelitian dan pengembangan di bidang bahan material logam.

 

Kepala Batan, Prof. Dr. Djarot S. Wisnubroto mengatakan RSG-GAS hadir untuk mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang energi, kesehatan dan lingkungan.

 

Terkait dengan teknologi karakteristik bahannya, Djarot menambahkan Batan memiliki fasilitas teknik berkas neutron dan teknik analisis nuklir yang dikelola oleh Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM).

 

Tak hanya itu, PSTBM juga bisa mengoperasikan fasilitas bahan lainnya, seperti Spectroscopy, Atomic Force Microscopy, Magnetic Suspension Balance, Teller, Particle Size Analyzer, dan peralatan yang dapat digunakan oleh penelitian di luar Batan, perguruan tinggi dan industri.

 

Dengan adanya GA Siwabessy ini, Djarot menjelaskan Batan berhasil mengembangkan bahan logam yang dapat difabrikasi bahan bakar dan bahan kendali RSG-GAS, dapat memenuhi sendiri kebutuhan bahan bakar di RSG-GAS dan bahan kendali untuk rekator TRIGA 2000 di Bandung, dan PSTBM juga mengembangkan teknologi radiografi neutron untuk bahan baterai, magnet, logam baja dan biomaterial.

 

“Saat ini, ada beberapa perusahaan swasta yang sudah bekerjasama dengan Batan. Seperti PT Astra Oto Parts, Sigma Utama dan PT Alkurindo,” katanya.        (din/ bentengpos.com) 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*