Home / Tangerang / MEMBUKA CAKRAWALA DUNIA MELALUI BUKU DI RUANG PUBLIK

MEMBUKA CAKRAWALA DUNIA MELALUI BUKU DI RUANG PUBLIK

buku-ruang-publikBP.TANGERANG- (Kota Tangerang) Komunitas Lentera Ilmu dari kampus IAIN Bersama Komunitas Mahasiswa Peduli Kasih dari kampus UMT berkolaborasi menggalang gerakan sosial (non-profit) melalui media buku.

Komunitas ini mulai berdiaspora dan mengakomodir minat baca masyarakat setiap akhir pekan di Podium Alun – Alun Ahmad Yani, Kota Tangerang. (08/01)

Dewasa ini, buku seharusnya menjadi media transformasi ilmu untuk khalayak umum dan membuka cakrawala dunia. Layaknya melapak namun buku yang bebas dibaca ini tak dipunggut biaya serupiah pun.

Minat membaca memang sangat amat rendah namun ini bentuk nyata kami secara independent-alternative yang cukup kongkret untuk dinikmati di ruang publik/taman selain jajanan (makanan) khas pedagang kaki lima.

“Komunitas mulai berdiri sejak 2016 lalu, kami mencoba dari ide yang sangat sederhana, tujuannya agar menumbuhkan minat baca pada masyarakat luas,” ujar Ketua Komunitas Lentera Ilmu, Ipul.

Ada sekitaran 60 buku dengan katogori buku politik, komik, agama, sejarah, sosial dan novel.

“Beginilah cara kami, menikmati indahnya taman kota. Buku lazimnya untuk dibaca, ya dimulai mencoba bawa buku dari kostan kami ke jalanan/taman dari pada mubazir karena kami sadar masyarakat membutuhkannya,” lanjutnya.

Fenomena ini harusnya juga didukung oleh pihak pemerintah kota bahkan komunitasnya dipetakan agar mempermudah gerak dan jejaring antar komunitas bahkan hingga persoalan perizinan penggunaan tempat umum.

“Mungkin faktor perkembangan teknologi informasi, terlalu sering menggunakan media sosial. Hal – hal seperti itu yang membuat kemalasan berfikir. Jadi, tidak ada salahnya mencoba hal baru, membaca buku di tempat umum,” jawabnya Ketua Komunitas Mahasiswa Peduli Kasih, Ricky.         (ikrar/ bentengpos.com)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*