Home / Tangerang / BATAN RESMIKAN RADIATOR GAMMA MERAH PUTIH

BATAN RESMIKAN RADIATOR GAMMA MERAH PUTIH

BP.TANGERANG-(Tangerang Selatan) Bekerjasama dengan Izotop Hongaria, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) meresmikan fasilitas Iradiator Gamma Merah Putih (IGMP) di Kawasan Puspitek, Tangsel, kemarin. Fasilitas yang dibangun untuk membantu pengawetan pasca panen ini, merupakan karya anak bangsa dengan kandungan lokal lebih dari 84 persen.

 

Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan fasilitas ini difungsikan sebagai alat pengawetan bahan makanan, obat, kosmetik, dan sterilisasi alat kesehatan. Dimana dengan menggunakan iradiator, bakteri pembusuk pada bahan makanan akan mati, sehingga memperpanjang masa penyimpanan.

 

Lanjut Djarot, IGMP didesain dengan kapasitas 2 megacurie yang mampu melakukan radiasi 123 meter kubik per hari. Kapasitas ini dirasa belum memenuhi seluruh kebutuhan iradiasi produk makanan atau obat herbal di seluruh Indonesia. Saat ini, di Indonesia, baru ada 2 fasilitas iradiasi sejenis, yakni milik BATAN dan milik swasta.

“Keuntungannya adalah proses efektif, dapat membunuh bakteri pembusuk, tidak ada residu kimia beracun, tidak merusak kandungan gizi pada bahan pangan, bisa untuk produk kemasan, dan dapat digunakan untuk sterilisasi, serta aman dikonsumsi, karena pemberian dosis radiasi telah sesuai dengan permenkes Nomor 701/Menkes/Per/VIII/2009,” tambah Djarot.

(mulyadi/bentengpos.com)

About Iksan Bhakti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*