Home / Tangerang / WARGA RT.001/003 MENGELUH KARENA KEBAUAN DAN LINGKUNGANNYA YANG TERCEMAR OLEH LIMBAH PABRIK

WARGA RT.001/003 MENGELUH KARENA KEBAUAN DAN LINGKUNGANNYA YANG TERCEMAR OLEH LIMBAH PABRIK

BP.TANGERANG (Kabupaten Tangerang)  Warga Desa Karet RT. 001 RW. 003 Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang  mengeluhkan pembuangan  limbah PT. BATU MAS MURNI (PT. MASTER BUMI PLASTIKA) yang terletak di Kawasan Akong yang sudah puluhan tahun hingga saat ini, menyebabkan pecemaran lingkungan dan belum ada juga solusinya.

Apabila hujan turun, air limbah yang hitam pekat dan baunya yang tidak sedap masuk ke puluhan rumah warga hingga memenuhi Jalan karet RT. 001/003.

“Kami sangat kecewa dengan kondisi ini karena sudah puluhan tahun belum ada penanggulangan untuk menangani limbah industri dari PT. BATU MAS MURNI,” kata warga Desa Karet Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang.

“Ketika kemarau bau limbah sangat terasa, sedangkan ketika hujan turun air limbah meluap dari sungai lalu menggenangi rumah-rumah warga dan jalan raya, dan air limbah tersebut menimbulkan penyakit gatal bagi warga yang rumahnya terendam air limbah, kami sudah memberikan peringatan, dan beberapa kali melakukan demo kepada PT. BATU MAS MURNI  namun tidak ada tanggapan dan respon dari kelurahan atau kecamatan, kami dari warga menduga  Dinas terkait sudah menerima masukan dari PT tersebut, karena pengaduan kami tidak pernah ditanggapi”, jelas warga.

Ketua rukun tetangga pun mengatakan “memang pembuangan limbah PT. Batu Mas Murni sangat mengganggu dan meberikan pencemaran lingkungan, khususnya di RT 001/003, warga sudah beberapa kali melakukan demo, bahkan saya pun pernah di demo oleh warga, dan tetap saja tidak ada tanggapan dari kelurahan atau kecamatan, saya akui PT. Batu Mas Murni sudah beraktivitas selama puluhan tahun, dan baru kali ini telah memberikan tiga karung beras, dan kami tidak tahu maksudnya apa”, pungkas ketua RT saat ditemui awak media.

Disamping itu juga kepala keamanan PT. Batu Mas Murni mengajukan saran “suapaya pembuangan limbahnya jangan langsung dibuang begitu saja, tetapi harus melalui penyulingan terlebih dahulu, agar lingkungan disekitarnya tidak tercemar”,imbuh Satibi.

“kami dari warga Desa Karet mendesak dan berharap agar dinas terkait jangan diam saja dan harus cepat mengambil tindakan terhadap PT. Batu Mas Murni”, harapnya.        (dadi/bentengpos.com)

 

About Iksan Bhakti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*