Home / sekilaspos / MAHASISWA BINUS ASO CIPTAKAN MOBIL MASA DEPAN RAMAH LINGKUNGAN DI KOMPETISI INTERNASIONAL

MAHASISWA BINUS ASO CIPTAKAN MOBIL MASA DEPAN RAMAH LINGKUNGAN DI KOMPETISI INTERNASIONAL

BP.SEKILAS POS-(PENDIDIKAN)  D’BASE, tim yang terdiri dari 19 mahasiswa BINUS ASO School of Engineering mengikuti final Shell Eco Marathon ASIA 2019 yang diadakan di Sirkuit Internasional Sepang, Kuala Lumpur, pada 29 April – 2 Mei 2019. Shell Eco Marathon ASIA 2019 adalah salah satu kompetisi unik berkelas dunia yang menggabungkan ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika.

Kompetisi ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendesain dan menciptakan ultra energy efficient cars, dan diperlombakan pada tahap akhir. Mahasiswa BINUS ASO School of Engineering menginisiasi proyek ini sejak tahun 2016. Mereka mengakui menghadapi beberapa kendala pada tahap awal kompetisi internasional ini, dikarenakan sebagian besar mahasiwa yang berasal dari jurusan Automotive and Robotics Engineering dan Product Design Engineering belum memiliki pengalaman membuat mobil sebelumnya.

“Tahap awal sangat berat, bahkan beberapa rekan ada yang mundur karena project ini sangat menyita waktu dan tenaga,” ujar Ricardo Rusli selaku Presiden tim D’BASE.

Namun, dengan tekad dan motivasi yang kuat, tim D’BASE belajar mengenai segala aspek dalam merancang dan membuat mobil mulai dari sketsa hingga tahap akhir penyempurnaan. Mobil yang memiliki dimensi panjang 2660 mm dengan lebar 1200 mm ini dibuat dengan mengikuti standar prototyping produksi sebuah mobil.

Desain yang futuristis dan material yang digunakan memiliki kualitas yang baik untuk sebuah mobil prototype. Selain itu mobil masa depan ini pun sangat irit bahan bakar sehingga sangat ramah lingkungan. “Semoga tim BINUS ASO School of Engineering dapat menimba pengalaman sebanyaknya pada Shell Eco Marathon ASIA di 2019. Terus semangat mengharumkan nama BINUS dan Indonesia, dan tidak lupa untuk membagikan pengalamannya ketika sudah kembali ke tanah air,” ucapan dukungan disampaikan oleh Dr. Ho Hwi Chie, M.Sc. selaku Dekan BINUS ASO School of Engineering.

Kisah perjalanan mereka dapat diikuti di Instagram @BINUSASO dan Youtube channel BINUS ASO School of Engineering.

Tentang BINUS ASO School of Engineering Dalam rangka untuk mencetak lulusan berkualitas unggul, BINUS UNIVERSITY (Indonesia) bersama ASO College Group (Jepang) mendirikan BINUS ASO SCHOOL of Engineering (BASE). Mahasiswa BASE terjun langsung dalam perkuliahan yang mengkombinasikan antara teori dengan pengalaman langsung melalui fasilitas pembelajaran dengan teknologi terkini. BINUS ASO School of Engineering memiliki dua program untuk menjawab kebutuhan industri global, yaitu Product Design Engineering dan Automotive & Robotics Engineering.

Kampus BASE yang berlokasi di Alam Sutera, Tangerang, mengadaptasi budaya Jepang di lingkungan kampus untuk memotivasi mahasiswa agar menjadi engineer yang mandiri dan pemikir yang hebat. Kampus BASE memfasilitasi mahasiswanya dengan fasilitas terkini. Perkuliahan umumnya disampaikan dalam Bahasa Inggris dan Indonesia, serta pengayaan Bahasa Jepang oleh dosen berpengalaman dari Jepang dan Indonesia. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menggali pengalaman dan menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di luar negeri melalui summer course di Jepang dan magang di perusahaan Jepang atau multinasional.      (dadi/bentengpos.com)

About bentengpos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*