Home / Tangerang Kota / JELANG PERGANTIAN KAKWARAN, GERAKAN PRAMUKA RANTING PINANG GELAR MUSLUB

JELANG PERGANTIAN KAKWARAN, GERAKAN PRAMUKA RANTING PINANG GELAR MUSLUB

BP.TANGERANG-(Kota Tangerang) Sehubungan dengan berakhirnya pengurus masa bakti 2014-2019 , Kwartir  Gerakan Pramuka Ranting Pinang menggelar Musyawarah Luar Biasa di aula Kecamatan Pinang Selasa 19 November 2019.

Acara yang berlangsung di aula Kecamatan Pinang ini dimulai pukul 14.30 WIB dan dihadiri para Kamabigus atau kepala sekolah dan para pembina Gugus Depan yang ada di Kwartir Ranting Pinang, serta dihadiri Kak Marwan selaku Kapusdiklatcab Pramuka Kota Tangerang.

 

Tepat pukul 14.45 WIB, dikarenakan Camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) berhalangan hadir, acara Muslub dibuka oleh  Kak Tihadi selaku Sekcam Pinang dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipandu Kak Zainal.

“Kita berharap sebagaimana yang saya sampaikan dalam sambutan tadi dengan kepengurusan Pramuka ini benar-benar bisa membawa Pramuka Ranting Pinang ini lebih maju dan lebih baik,” kata Kak Tihadi setelah membuka musyawarah.

Peranan kegiatan kepramukaan bagi generasi muda di zaman globalisasi dan pengaruh narkoba, kak Marwan menjelaskan, “Pramuka adalah salah satu usaha untuk membentengi generasi muda. Mengingat kondisi saat ini bangsa dihadapkan dengan berbagai masalah, seperti maraknya narkoba dan kenakalan remaja lainnya yang pada akhirnya merusak generasi masa kini,”katanya.

Masih kata kak marwan, “mungkin salah satu upaya membentengi generasi muda hari ini dengan Pramuka ini, makanya bagaimana kedepannya Pramuka bisa eksis dan bisa berkiprah di tengah-tengah masyarakat dalam rangka upaya kita membentengi generasi muda dalam rangka memerangi narkoba,” tuturnya.

Kak Marwan juga menghimbau kepada guru-guru yang telah mengikuti kursus baik Kursus Mahir Dasar maupun Kursus Mahir Lanjutan, agar aktif mengajarkan Pramuka di gugus depannya masing-masing.

“Ketika kita bicara tentang kepengurusan kita harus banyak pengorbanan. Ketika kita belum maksimal untuk berkorban seperti yang saya sampaikan tadi baik tenaga, waktu dan pikiran, mungkin itulah yang menjadi kendalanya. Makanya penting gugus depan – gugus depan ini berkorban sehingga nanti gugus depan – gugus depan ini bisa aktif untuk mengembangkan kegiatan kepramukaan di masing-masing gugus depannya,” pungkas Kak Marwan.

Setelah Musyawarah luar biasa digelar, dilanjut pemilihan Kakwaran dengan di mediatori Kak Marwan dan tiga kandidat, Kak Masan, Kak Toyib, dan Kak Ida, setelah dilakuakan pemilihan suara terbanyak, terpilihlah Kak Masan sebagai Kakwaran Pinang.

Setelah terpilih sebagai Kakwaran Pinang, kak Masan mengatakan, “pada konsepnya semua ini adalah kerjasama. Diharapkan kepada gugus depan yang ada di Kwartir Ranting Pinang, jika gugus depan itu tidak mau bekerjasama otomatis segala kegiatan itu tidak bisa berjalan. Keinginan kami selaku Kakwaran yang terpilih dalam musyawarah ranting luar biasa ini dengan harapan semua pihak dapat membantu program-program yang akan kita luncurkan nanti. Baik dalam era tahapan-tahapan program pendek, menengah dan panjang,” tuturnya.

Lanjut kak Masan, “Sebetulnya banyak kegiatan-kegiatan kepramukaan yang masih belum nampak. Jadi yang belum itu Insya Allah akan kami laksanakan sesuai dengan kemampuan dan kreativitas yang kami miliki yang semuanya akan dibahas dalam program kerja yang akan disusun,” pungkasnya.

 

(dadi/bentengpos.com)

 

About Iksan Bhakti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*