Home / Tangerang / PENYULUHAN PENYAKIT KUSTA DAN TBC DI SDN PANUNGGANGAN 10 KOTA TANGERANG

PENYULUHAN PENYAKIT KUSTA DAN TBC DI SDN PANUNGGANGAN 10 KOTA TANGERANG

BP.TANGERANG-(Kota Tangerang) Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalui Puskesmas Panunggangan memberikan penyuluhan kepada Guru – guru dan siswa siswi  SDN Panunggangan 10 Kecamatan Pinang, tentang penyakit TB Paru dan Kusta, Jumat (13/3/2020).

 

Penyuluhan ini bertujuan untuk mengedukasi warga, guru- guru dan siswa, seputar kedua penyakit yang tergolong menular ini. Mulai dari gejala dan tindak lanjut jika menemukan orang yang mengidap gejala penyakit ini.

 

Sosialisasi ini mempunyai tujuan agar mampu mengidentifikasi warga yang terkena penyakit ini. Jika ditemukan indikasi, maka dianjurkan untuk melaporkannya ke Puskesmas sebelum menjadi parah.

Dalam penyuluhannya, Daralila Santika selaku petugas menjelaskan, “ciri-ciri awal penyakit kusta yaitu ditemukannya bercak putih atau merah yang mati rasa atau baal”.

 

Sementara Mujiati Alifah Wardhani juga mengatakan, “beberapa ciri-ciri dari TB paru yaitu awalnya batuk lebih dari dua minggu, berkeringat dimalam hari, penurunan berat badan dan lesu, “paparnya.

 

Melalui kegiatan ini, pihak Puskesmas juga mengajak warga agar tidak mengucilkan orang yang mengidap penyakit ini. Pasalnya, mereka juga tetap ingin bersosialisasi sebagaimana layaknya warga pada umumnya.

 

 

Peserta penyuluhan yang terdiri dari ibu-bapak guru dan siswa ini nampak antusias menyimak pemaparan dari penyuluh diruang kelas SDN Panunggangan 10 Kecamatan Pinang Kota Tangerang.         (dadi/bentengpos.com)

 

About bentengpos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*