Home / Tangerang / Respon Impian Warga, Camat Beserta PUPR Bertahap Renovasi Sungai Cicayur

Respon Impian Warga, Camat Beserta PUPR Bertahap Renovasi Sungai Cicayur

Sekdis PUPR (kanan), Camat Cibodas (tengah) bersama Penggiat Lingkungan saat berdiskusi di Saung PECI SUCI, Jum’at (10/7) siang, foto Huda R Alfian Bentengpos.com

BP. TANGERANG – (Kota Tangerang) Bertahap dalam mewujudkan harapan warga yang peduli terhadap ekosistem Sungai Cicayur yang diduga rusak dengan adanya pendangkalan serta limbah dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik Lippo Group yang berlokasi di Halmahera, Panunggangan Barat, Cibodas.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta Camat Cibodas, sambangi saung Peci Suci di Kampung Kebon Kelapa, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Jum’at (10/7/2020).

Kunjungan yang diinisiasi dari kolaborasi warga, penggiat Cinta Sungai Cicayur (PECI SUCI), LSM Bintang Merah Indonesia, beserta Pemerintah Kota Tangerang ini, berharap dapat merenovasi lingkungan serta menormalisasi, agar terjaga keindahan khususnya biota Sungai Cicayur yang rusak akibat pembangunan hunian swasta sejak 2002 lalu.

Pendiri PECI SUCI, Sade Sundana berharap air Sungai Cicayur dapat kembali mengalir seperti dulu, dan dapat digunakan oleh warga sebagai kegiatan sarana pelestarian.

“Bisa dimanfaatkan oleh warga untuk kegiatan pelestarian Sungai dan Lingkungan, seni budaya, pendidikan, termasuk juga kegiatan ekonomi. Itu mimpi besar kami,” harap Sade yang juga selaku ketua Rt 001 Kp Kebon Kelapa Panunggangan Barat ini.

Camat Cibodas, Mahdiar saat diwawancarai Bentengpos.com

Dilain sisi, Camat Cibodas, Mahdiar sangat mengapresiasi dan mensuport (mendukung) semaksimal mungkin untuk membantu warga serta para penggiat dalam mewujudkan mimpi dalam membangun lingkungannya.

“Kita dari sisi Pemerintah akan selalu suport semaksimal mungkin, baik dari Kecamatan maupun dari teman-teman Dinas,” kata Mahdiar saat diwawancarai oleh Bentengpos.com di lokasi, (10/7).

Mahdiar pun menjelaskan, dalam perenovasian lingkungan akan dilakukan secara bertahap untuk menjadi yang lebih baik lagi.

“Kita desain dulu lingkungan ini dari yang ada menjadi lebih baik lagi, tahapan yang akan kita lakukan itu bagaimana yang dapat kita dahulukan pasti akan bertahap,” tukasnya.

Swafoto Dinas PUPR bersama penggiat lingkungan, Jum’at (10/7/2020), foto Huda R Alfian Bentengpos.com

Hal yang sama pun dikatakan oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) PUPR Kota Tangerang, Taufik Syahzaeni, yang turut mengapresiasi keseriusan warga Kp Kebon Kelapa Panbar dalam merespon kecintaannya terhadap lingkungan.

“Warga disini sangat konsen dengan Sungai Cicayur. Bagaimana Sungai ini potensinya bisa dimanfaatkan sebagai edukasi, sebagai rekreasi lokal, juga pemberdayaan kepada anak-anak. Kita di Dinas PUPR ini selalu suport. Infrasturkturnya bagaimana kita bisa benahi terutama di Sungai Cicayur,” tambahnya.

(Yudh/Bentengpos.com)

About bentengpos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*