Home / sekilaspos / Strategi Meningkatkan Nilai Tambah untuk Keputusan Bisnis di Era New Normal

Strategi Meningkatkan Nilai Tambah untuk Keputusan Bisnis di Era New Normal

BP.SEKILAS POS–(PENDIDIKAN) Saat ini berbagai fenomena big data telah terjadi, salah satunya adalah lonjakan kebutuhan tenaga ahli pengolahan big data di berbagai sektor industri, namun kebutuhan itu masih sangat sulit dipenuhi. Oleh karenanya untuk memenuhi kebutuhan industri akan fenomena tersebut, BINUS UNIVERSITY melalui School of Computer Science dan School of Information Systems berusaha menyediakan solusi dengan menghadirkan program baru Data Science dan Business Analytics.

Diadakan pada (1/8) secara virtual, peluncuran program Data Science dan Business Analytic ini dibarengi dengan talkshow berjudul “Strategi Meningkatkan Nilai Tambah untuk Keputusan Bisnis di Era New Normal Melalui Perspekif Data Science & Business Analytics” yang akan memberikan wawasan kepada peserta yang hadir mengenai pentingnya big data dan potensi dalam meningkatkan keberhasilan bisnis.

 

Bertindak sebagai Narasumber Dr. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI selaku Dean School of Information Systems; Dr. Ir. Alexander Agung Santoso Gunawan, S,SI., M.T., M.Sc., IPM, CIRR selaku Head of Data Science Program; Andreas Kagawa selaku Country Manager TIBCO Software Indonesia, dan Lili Ayu Wulandhari, PhD selaku Principal Data Scientist ticket.com.

Dalam talkshow tersebut membahas pentingnya aplikasi data science serta data analytics pada suatu perusahaan seperti melakukan data analisis perusahaan, penyajian infrastuktur data perusahaan, analisis data, hingga utilisasi penggunaan big data.

 

Program Data Science dibangun untuk menangani big Data dengan teknik analisis dan simulasi terdepan dengan ilmu statistika yang mendalam. Program ini akan mempelajari semua jenis data yang dihasilkan oleh proses bisnis dan operasional perusahaan, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik penambangan data untuk memahami bagaimana kinerja suatu bisnis dan untuk mengidentifikasi peluang yang baru. Program ini merupakan pilihan yang tepat karena menyelami sampai tuntas bagaimana kumpulan data ini dimanfaatkan dalam proses bisnis, ilmu statistika, dan machine learning. Lulusan dari program Data Science akan menjadi Data analyst, Data scientist, Business analyst , dan Data engineer.

Sedangkan Program Business Analytics dirancang untuk mempersiapkan generasi global yang dapat mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data untuk menyelesaikan tantangan terbesar dari bisnis. Lulusan dari program Business Analytics akan menjadi Data analyst, Research analyst, Analytics consultant, Executive Data Management, Data Analytics Quality Executive, Decision Science Consultant, Value Optimization Manager Analyst, Consumer Banking Analytics sehingga setiap lulusan program ini akan dibekali dengan keahlian Business Analytics melalui penguasaan Business Analytics tools, hal ini akan membuat lulusan program ini siap untuk menghadapi era Industry 4.0

 

“Diharapkan program Business Analytics ini dapat memenuhi kebutuhan industri kedepannya dikarenakan permintaan SDM yang tinggi di bidang Business Analytics, seperti kita tahu saat ini data dapat memicu Business Transformation dan keunggulan bersaing bagi perusahaan, sehingga diharapkan lulusan program ini akan mampu untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di era Industri 4.0, dimana mereka memiliki keahlian dan kemampuan analisis data yang kuat untuk kepentingan bisnis”, ungkap Bapak Yohannes akan harapannya terhadap program studi ini.

Kehadiran dari kedua program ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang dapat diserap oleh industri dengan cepat dan dapat memberikan kontribusi nilai tambah bagi perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis. Melalui semangat fostering and empowering, BINUS UNIVERSITY akan terus melahirkan inovasi-inovasi yg dapat memberikan dampak besar bagi masyarakat luas.        (dadi/bentengpos.com)

 

About bentengpos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*