Home / sekilaspos / VIRTUAL PITCHUP: TEROBOSAN TERKINI MEMPERTEMUKAN START UP DAN CALON INVESTOR DI MASA PANDEMI

VIRTUAL PITCHUP: TEROBOSAN TERKINI MEMPERTEMUKAN START UP DAN CALON INVESTOR DI MASA PANDEMI

BP.SEKILAS POS (PENDIDIKAN) – Entrepreneurship saat ini merupakan pilihan dari banyak mahasiswa di Indonesia. Perkembangan teknologi memberi kemudahan para pengusaha muda untuk membangun startup dan meraih bantuan pendanaan. Sebesar 36% anak muda Indonesia memiliki cita-cita menjadi Entrepreneur; angka tersebut adalah yang tertinggi di Asia Tenggara (World Economic Forum, 2019). Selain itu, Indonesia memiliki jumlah start up terbanyak kelima di dunia, sebanyak 2.080 start up. Agar dapat lebih berkembang, startup harus berkolaborasi dengan industri dan investor. Selain itu, universitas juga berperan dalam mencetak entrepreneur yang berkualitas. Sebagai salah satu universitas unggulan di Indonesia, BINUS UNIVERSITY memiliki visi yang sejalan dengan pengembangan entrepreneur dan start up yang berkualitas: “A World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.”

Dalam mewujudkan visi tersebut, serta untuk mengembangkan berbagai start up yang ada secara optimal, BINUS UNIVERSITY menyelenggarakan event bertajuk “BINUS Virtual PitchUP”. Event yang diselenggarakan pada tanggal 3-4 Desember 2020 ini menghadirkan lebih dari 40 startup dari berbagai kategori, mulai dari Technology, Creative, hingga Food and Beverages (F&B). Berbagai start up yang hadir merupakan rintisan para BINUSIAN yang berasal dari Kampus yang ada di Greater Jakarta area, Bandung dan Malang. Dengan hadirnya para start up serta investor tersebut, event ini merupakan acara virtual pitching dan virtual exhibition pertama dan terbesar yang pernah diselenggarakan oleh BINUS UNIVERSITY dengan platform exhibition yang juga dihasilkan sendiri oleh BINUS UNIVERSITY. Acara “BINUS Virtual PitchUP” kali ini bertemakan “Be Part of The Future”.

Acara perdana ini dikoordinasikan langsung oleh setiap bagian pada ekosistem kewirausahaan BINUS UNIVERSITY: BINUS Entrepreneurship Center, BINUS Business Creation, Catalyst for Innovation, Design, Entrepreneurship, and Research (CIDER), BINUS Incubator, juga BINUS StartUp Accelerator.

Konsep yang digunakan dalam acara Virtual PitchUP terbagi ke dalam dua fitur utama, yakni PitchUP Showcase dan PitchUP Speed Dating. Pada PitchUP Showcase, setiap startup memiliki virtual booth yang menampilkan profil, informasi kontak, video, foto, dan dokumen lainnya yang dapat diunduh dan letakkan di briefcase virtual. Saat mengunjungi booth, peserta acara juga dapat melakukan chat secara langsung dengan start up. Sementara itu, PitchUP Speed Dating memberi kesempatan kepada para start up untuk dapat berdiskusi dan mengenalkan start up secara lebih dalam melalui meeting selama 15 menit. Jadwal sudah diatur sedemikian rupa agar peserta tidak perlu mengantri.

Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY turut hadir dalam event ini untuk memberikan sambutan dalam pembukaan acara.

“Saya tahu dalam kondisi seperti pandemi saat ini, tidak menurunkan semangat kita untuk terus berusaha berkarya, terutama untuk mendorong lahirnya entrepreneur- entrepreneur baru. BINUS sudah merintis hari ini dan semoga terus berkembang dan terus melahirkan start up. Hari ini tentunya permulaan yang luar biasa” ungkap Rektor BINUS UNIVERSITY.

Selain itu, Dr. Meyliana, S.Kom., M.M. selaku Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship BINUS University juga turut hadir memberikan kata sambutan dalam Opening Ceremony.

“BINUS UNIVERSITY sangat fokus dengan pengembangan entrepreneurship. Karena itu, implementasi entrepreneurship ini sudah dikenalkan kepada mahasiswa sejak semester awal hingga akhir bahkan saat menjadi alumni” ungkap Ibu Meyliana.

Event virtual pitching ini diharapkan dapat memperkuat jiwa entrepreneurship dari para Binusian dan seluruh generasi muda di Indonesia. Pelaksanaan melalui platform

virtual ini juga diharapkan dapat mendukung pengembangan ekosistem start up meski saat ini dunia tengah berada dalam masa pandemi. Kekuatan dari entrepreneurship yang didukung secara maksimal, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perekenomian Indonesia, di masa kini hingga masa mendatang.

Main Hall dari Virtual Exhibition yang merupakan bagian dari BINUS Virtual PitchUP 2020. Platform yang digunakan dalam BINUS Virtual PitchUP 2020 ini dikembangkan sendiri oleh BINUS UNIVERSITY sebagai wujud inovasi di bidang teknologi dan entrepreneurship.

Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM selaku Rektor BINUS UNIVERSITY turut hadir untuk memberikan kata sambutan dalam acara Opening BINUS Virtual PitchUP 2020.

BINUS UNIVERSITY merupakan perguruan tinggi berakreditasi A dari BAN-PT dan masuk kedalam Top 1000 World University 2021 dari QS University Ranking. Dengan pengalaman selama 39 tahun membina Nusantara melalui pendidikan, BINUS UNIVERSITY memiliki 1 visi utama, yakni: “A World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.”

BINUS UNIVERSITY memiliki 11 kampus yang tersebar di beberapa kota di Indonesia yang terdiri dari 6 kampus di Jakarta, 2 kampus di Tangerang, 1 kampus di Bekasi, 1 kampus di Bandung, dan 1 kampus di Malang. Selain itu BINUS juga memiliki Online Campus yang menyediakan layanan pendidikan jarak jauh.

BINUS UNIVERSITY berkomitmen 2 dari 3 lulusan BINUS UNIVERSITY bekerja diperusahaan global atau menjadi entrepreneur. Tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar di kampus, mahasiswa juga diberikan pengalaman langsung di dunia industri. Komitmen ini diwujudkan melalui program 2+1+1.

Program 2+1+1 ditujukan bagi mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman belajar multi-kampus dengan konsep belajar selama dua tahun di kampus asal, 1 tahun di kampus BINUS di kota lain; serta 1 tahun mengambil 1 dari 6 track Enrichment yang disediakan, yaitu: Internship, Community Development, Research, Start-Up Business, atau Study Abroad (kuliah di luar negeri), serta Further Study untuk beberapa program studi tertentu.      (dadi/benteng pos.com)

 

About bentengpos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*