Home / Tangerang Kota / Disoal Lapas Kelas 1 Tangerang Terbakar, Kejari Kota Tangerang Menyampaikan Duka Mendalam

Disoal Lapas Kelas 1 Tangerang Terbakar, Kejari Kota Tangerang Menyampaikan Duka Mendalam

BP.Tangerang– (Kota Tangerang) Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang I Dewa Gede Wirajana, SH. MH. didampingi Kasi Intelijen dan Kasi Pidum Kejari Kota Tangerang menyampaikan duka yang mendalam bagi keluarga korban kejadian terbakarnya Blok C2 Lapas Klas 1A Tangerang.

Saya menerima laporan kejadian tersebut pada Rabu dini hari tadi tanggal 08 September 2021 sekitar jam 03.50 WIB dari Kasi Intel kami.

Selanjutnya, “Saya perintahkan kasi intel dan kasi pidum untuk segera membantu lapas untuk percepatan evakuasi, melaporkan perkembangan kejadian dan langkah-langkah apa yang akan ditempuh selanjutnya,” Terangnya.

“Kasi Pidum, saya minta segera berkoordinasi kepala rutan dan lapas yg ada di kota tangerang, apakah narapidana yang ada di lapas klas 1 tangerang ada terpidana kami,” Ucapnya.

Dari hasil perkembangan informasi terakhir bahwa kejadian tersebut telah memakan korban sebanyak 122 Napi, dimana ada 81 napi yg merupakan korban selamat dan ada 41 org napi yg menjadi korban meninggal.

“Dari 41 orang tersebut, yang berstatus narapidana dalam perkara yang ditangani kejari kota tangerang ada 11, Secara keseluruhan 41 orang napi tersebut, ada 2 WNA dari Afrika selatan dan Portugal,” Ujarnya.

“Dan secara rinci dari 41 orang napi yg meninggal, 1 napi terlibat perkara terorist (Poso), 1 napi terlibat perkara tipikor, 1 napi terlibat perkara pembunugan dan sisanya (39) terlibat perkara narkotika,” Tambahnya.

“Napi yang ada di lapas klas 1 A Tangerang sepengetahuan kami, merupakan napi yg sudah putus perkaranya dan memiliki kekuatan hukum tetap dan lapas klas 1 A ini di isi oleh napi dengan pemidanaan lebih dari 5 tahun,” Jelasnya.

” Kejadian kebakaran yang terjadi di lapas klas 1 A tangerang merupakan suatu peristiwa yang sangat tidak kita inginkan, hal ini seperti kejadian yg pernah terjadi di tanjung gusta Sumatera Utara,” Katanya.

“Seperti yang sudah di release Pak Menteri Hukum dan HAM bahwa beliau sudah membentuk dan menunjuk lima (5) tim untuk mengidentifikasi kejadian ini dan Pak Kapolda Metro Jaya juga sudah meninjau langsung lokasi kejadian,” Tandasnya.

” Biarkan tim bekerja untuk mengidentifikasi, mengungkap dan melakukan penyelidikan terkait kejadian tersebut,” Ujarnya.

Kami turut prihatin atas kejadian yang menimpa Lapas Klas 1 A Tangerang .

(San/Rls/Bentengpos.com)

About bentengpos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*