Home / Tangerang Kota / Tim TB DOTS RS An-Nisa Dikunjungi WHO

Tim TB DOTS RS An-Nisa Dikunjungi WHO

BP.TANGERANG RAYA- (Kota Tangerang) Dinilai memiliki predikat terbaik dalam penanganan kasus TB, Rumah Sakit An-Nisa Kota Tangerang mendapat kunjungan dari tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan tim ekternal review yang berasal dari World Health Organization (WHO), terkait Evaluasi Implementasi Public Private Mix (PPM) Tuberkulosis, Rabu (10/8/22).

 

Ketua Tim TB DOTS Dokter Spesialis Paru RS An-Nisa Kota Tangerang, dr. Prasetyo Haryadi, SpP mengaku kunjungan ini bertujuan untuk meninjau atas implementasi dalam penanganan penyakit Turbokulosis (TB) dan memvalidasi kesesuaian data terhadap sistem yang dilaporkan. Hal ini dilakukan guna mengetahui perkembangan implementasi layanan TB di Kota Tangerang.

 

Prasetyo mengungkapkan dalam menangani kasus TB, Rumah Sakit An-Nisa melakukan sistem pencatatan melalui sistem online atau aplikasi TB yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan dan diimplementasikan kembali oleh tim TB DOTS. Sehingga jika rumah sakit menerima pasien dari Puskesmas, klinik atau tempat kesehatan lainnya, tim TB DOTS langsung mendata atau mencatat pasien tersebut ke sistem aplikasi yang sudah disediakan dengan cepat.

 

“Intinya kita perkuat jaringan internal dan integritas kita terhadap dokter yang ada di rumah sakit. Kedepan, kami berkomitmen untuk memberantas TB dengan cara melakukan sosialisasi dan edukasi terkait pencegahan dini TB melalui kanal media sosial maupun jejaring fasilitas layanan kesehatan. Sehingga pasien TB bisa teratasi dan ditangani secara tuntas,” katanya.

 

Sementara itu, External Reviewer Universitas Udayana Bali, DR. dr. I Wayan Gede Artawan Eka Putra, M. Epid mengaku bangga atas keseriusan RS An-Nisa menangani kasus TB. Bahkan fasilitas dan aktivitas di rumah sakit ini telah terorganisasi dengan sangat baik, terbukti dengan komitmen terhadap pengelolaan laporan SITT-nya. (Dini/ bentengpos.com)

 

 

About bentengpos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*