Home / Tangerang Kota / Kembangkan Sistem Penyediaan Air, Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang Gandeng Investor

Kembangkan Sistem Penyediaan Air, Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang Gandeng Investor

BP.TANGERANG- (Kota Tangerang) Perumda Tirta Benteng gelar market sounding rencana investasi pengembangan sistem penyediaan air minum untuk zona 2 dan zona 3, yang bertempat di ruang Akhlakul Karimah, Kamtor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, pada Jumat (11/11/22).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh calon investor yang berasal dari 15 perusahaan serta perwakilan dari Direktorat Air Minum dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Direktur Utama Perumda Tirta Benteng, Sumarya menjelaskan tujuan adanya kegiatan tersebut merupakan upaya untuk memaksimalkan sumber air yang sudah ada di Kota Tangerang dengan meningkatkan cakupan kepada masyarakat dengan mengembangkan penyediaan air minum di zona 2 dan 3. Dengan cakupan awal 19% namun untuk menuju 60-80% Perumda Tirta Benteng akan terus mengembangkan.

“Zona 2 yakni mencakup Kecamatan Cibodas, Jatiuwung, Karawaci dan Periuk. Sedangkan zona 3 yakni mencakup Kecamatan Pinang, Karang Tengah, Ciledug, dan Larangan. Zona tersebut akan dikembangkan seperti zona 1 yang saat ini sudah berjalan dan ditahap,” jelas Sumarya.

Hal tersebut perlu adanya investasi yang dialiri oleh investor, karena tidak mungkin hanya bergantung di APBN dan APBD serta dana Perumda Tirta Benteng maka dicoba untuk menggandeng mitra swasta untuk ikut mendanai pengembangan air minum di dua zona tersebut.

“Untuk capaian RPJMN di 2030 itu mencapai 60% maka dari itu dengan terselenggaranya market sounding ini para investor dapat tertarik untuk berinvestasi di Kota Tangerang khususnya untuk pengembangan air minum,” harap Sumarya.

Sementara itu, Kasubdit Wilayah 2 Direktorat air minum, Ratria Anggraini mengungkapkan ada kriteria atau indikator untuk pengembangan air minum itu sendiri.

“Untuk kriteria itu antara lain kuantitas, kualitas, kontinuitas, dan keterjangkauan,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, salah seorang calon investor, Harryanto, selaku Ditektur BHJ mengaku sudah siap untuk berinvetasi terhadap pengembangan sistem penyediaan air minum zona 2 dan zona 3.

“Lewat pemaparan yang disampaikan oleh direktur utama dan direktur umum Perumda Tirta Benteng, maka disitulah kami sudah memiliki kesiapan serta kesanggupan terakait investasi tersebut. Terlebih ini pun untuk kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang,” tutup Harryanto.

Diketahui Perumda Tirta Benteng saat ini sedang terapkan penyesuaian tarif guna lebih meningkatkan pelayanan, untuk memberikan kepuasan serta kepercayaan terhadap para investor dan konsumen Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang. (San)

About bentengpos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*