RSUD Kota Tangerang Luncurkan Layanan Orthotic Prostetic dan Trauma Center Saat HUT ke-9

bentengpos.com
5 Min Read

BP.Tangerang,- (Kota Tangerang) Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 berjalan dengan meriah, RSUD Kota Tangerang resmi luncurkan layanan unggulan Orthotic Prostetic dan Trauma Center.

Kegiatan yang berlangsung di halaman dan aula RSUD Kota Tangerang tersebut turut dihadiri oleh *Dinkes Kota Tangerang, dan Perwakilan Puskesmas se-Kota Tangerang, Perwakilan Rumah Sakit se-Kota Tangerang, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan,Jasa Raharja Tangerang, BJB Tangerang dan seluruh Kepala Instalasi, Ketua Komite RSUD Kota Tangerang.*

“Alhamdulillah di hari HUT ini kita sudah melakukan berbagai kegiatan seperti, senam bersama, dan kami juga meresmikan *Workshop atau bengkel arthotic prostetic bagi masyarakat yang membutuhkan, dan juga pelayanan trauma center untuk kasus-kasus trauma, SDM kami sudah ada seperti dokter bedah, dokter gigi bedah mulut, dokter orthopedi, untuk trauma kepala kami juga punya bedah syaraf, kemudian kami juga dilengkapi fasilitas- fasilitas yang mendukung untuk melakukan pelayanan pada kasus trauma,” kata dr. O.U Taty Damayanty Direktur Utama RSUD Kota Tangerang kepada Wartawan, Jum’at (10/3/23)*.

Dirut RSUD Kota Tangerang menjelaskan, dalam memudahkan pelayanan terapi, RSUD Kota Tangerang telah menyiapkan bengkel sendiri.

“*Kemudian kami juga untuk orthotic prostetic kami punya bengkel sendiri, sehingga memudahkan untuk pasien agar tidak lama menunggu untuk melakukan terapi kemudian juga untuk membuat arthotic prostetic,” tambahnya.

*Lebih lanjut, dr O.U Taty menambahkan, masyarakat dapat mengakses pendaftaran dengan mudah, hanya dengan melalui telepon genggam berbasis android melalui aplikasi WhatsApp bagi pasien umum, dan untuk pasien dengan jaminan BPJS kesehatan dapat melalui aplikasi mobile JKN*

“Bisa menggunakan What’s App untuk mendaftarkan dari rumah, terus kemudian untuk yang penjaminannya BPJS bisa menggunakan Mobile JKN, kemudian datang ke koisq RSUD Kota Tangerang lalu langsung di layani di instalasi terkait. kalau untuk orthotic prostetic biasanya dengan penjaminan BPJS harus ke klinik orthopedi dulu atau klinik saraf kemudian keĀ rehabilitasi medik, kalau untuk umum bisa langsung mendaftar ke rehabilitasi medik, kalau untuk trauma center bisa langsung ke IGD RSUD Kota Tangerang,” terangnya.

Nah.. masyarakat yang memiliki BPJS aktif tidak usah panik, RSUD Kota Tangerang menjamin menggratiskan biaya bagi pasien.

“Kalau untuk biaya sendiri kalau dijamin BPJS gratis full, untuk kaki palsu seperti kasus kasus kita kemarin membuat kaki palsu itu full gratis asal dia punya BPJS dan BPJSnya aktif, kalau korset juga gratis atau ganguan leher untuk collar neck itu juga gratis, kadang kadang juga kan ada yang trauma lalu lehernya kaku dan sebagainya itu juga gratis dijamin BPJS, tetapi kalau untuk yang kelainan kaki harus membuat sepatu khusus itu masih belum di jamin oleh BPJS, tapi kalau untuk trauma center itu kalau yang penjamin BPJS Ketenagakerjaan atau kecelakaan lalu lintas itu masih dijamin oleh jasaraharja, dan BPJS kesehatan dan jika traumanya karena akibat kerja itu ada BPJS Ketenagakerjaan, jadi kita sudah melakukan Perjanjian Kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Jasaraharja, dan BPJS Kesehatan,” terangnya.

Namun, untuk pelayanan klinik nyeri masih diberlakukan biaya berbayar seperti pada umumnya.

“Pelayanan unggulan kami selama dua tahun ini, RSUD Kota Tangerang,sudah memiliki klinik dengar (Hearing Solusion), kemudian klinik tumbuh kembang, terus ada juga kita yang sekarang ini trauma center, orthotic prostetic terus kemudian ada klinik nyeri namun saat ini masih berbayar umum ya, belum kerjasama dengan BPJS,” ucapnya.

Untuk itu, di hari jadinya RSUD Kota Tangerang yang ke 9 ini, dr. O.U Taty Damayanti berharap, masyarakat Kota Tangerang dapat memanfaatkan program pelayanan kesehatan dengan baik.

“harapan saya dengan adanya layanan orthotic prostetic itu masyarakat wilayah Kota Tangerang khususnya atau warga sekitar Kota Tangerang bisa dimanfaatkan dengan baik karena ini ada jaminan dari BPJS jadi full gratis, seperti dari kasus kita daripada ngesot kita lebih bagus pakai kaki palsu katanya, sehingga bisa mandiri tanpa bantuan orang lain seperti mengaji, kemasjid dan sebagainya secara mandiri, kemudian semoga bisa bermanfaat dan semoga bisa berkah untuk warga kota tangerang yang membutuhkan, nah kalau untuk yang trauma center pelayanan RSUD Kota Tangerang akan cepat tanggap terkait kasus trauma sehingga angka kematian akibat trauma bisa berkurang. Trauma center jamnya pasti 24 jam ya sesuai dengan jam IGD ya, kalau untuk orthotic prostetic dari senin hingga sabtu dari jam 7.30 sampai jam 14,” pungkasnya. (San)

Share this Article
Leave a comment